Sabtu, 28 Mei 2016

Digital Library of India

                   A.  SEJARAH DIGITAL LIBRARY of INDIA      
               Digital Library of India (DLI) adalah kumpulan digital dari buku langka diakses secara bebas yang dikumpulkan dari berbagai perpustakaan di India. proyek DLI dimulai pada awal tahun 2000 dengan visi untuk mengarsipkan semua karya sastra, seni dan ilmiah yang signifikan umat manusia dan untuk melestarikan digital dan membuat mereka tersedia secara bebas untuk setiap satu melalui Internet untuk pendidikan, penelitian, apresiasi dan untuk generasi mendatang. Sebagai langkah pertama dalam mewujudkan visi ini, diusulkan untuk menciptakan Perpustakaan Digital dengan, koleksi dicari free-to-baca dari satu juta buku, terutama dalam bahasa India. Proyek ini diprakarsai oleh Kantor Ilmiah Principal Advisor kepada Pemerintah India dan kemudian diambil alih oleh Departemen Elektronika dan Teknologi Informasi (Dewa), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Pemerintah. India. Idenya adalah juga untuk membuat test bed bagi para peneliti untuk meningkatkan teknik pemindaian, pengenalan karakter optik, pengindeksan cerdas dan secara umum untuk mempromosikan India Bahasa Technology Research.
               Salah satu tujuan dari Perpustakaan Digital dari India adalah untuk memberikan dukungan untuk mengindeks teks lengkap dan pencarian berdasarkan OCR (optical character recognition) teknologi yang tersedia. Ketersediaan pencarian online memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang relevan dengan cepat dan andal sehingga meningkatkan keberhasilan siswa dalam upaya penelitian mereka. sumber daya 24x7 ini juga akan memberikan test bed yang sangat baik untuk penelitian pengolahan bahasa di berbagai bidang seperti mesin penerjemahan, pengenalan karakter optik, summarization, berbicara dan pengenalan tulisan tangan, pengindeksan cerdas, dan pengambilan informasi dalam bahasa India.
               Proyek DLI ini di danai oleh Departemen Elektronika dan Teknologi Informasi (Dewa), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Pemerintah India. Kita perlu tanggapan Anda untuk meningkatkan layanan dan situs tampilan dan nuansa. Untuk pertama kalinya dalam sejarah , Perpustakaan Digital India adalah digitalisasi semua karya signifikan Manusia. Sejarah gital Perpustakaan India (DLI) adalah kumpulan digital dari buku langka diakses secara bebas yang dikumpulkan dari berbagai perpustakaan di India.
            B.  Menjadi anggota
     Diperpustakaan digital india tidak perlu memasukkan data karena di Perpustakaan ini bisa langsung diakses secara bebas.
 C. Fasilitas yang ada di Perpustakaan digital India

      1. book 















                 2. jurnal

















              3. jurnal  yang sudah di donlowad


















              4. fasilitas newspaper
































               5. fasilitas Manuskrip


Tidak ada komentar:

Posting Komentar