Kamis, 14 April 2016

Perpustakaan Digital

      DI era moderen ini kita semua nya menggunakan teknologi dan seiring perkembangan teknologi sebuah perpustakaan berkembang juga begitu pesat dari dulunya perpustakaan hanya bisa di akses  dengan manual dan sekarang kita bisa mendapatka informasi dengan cepat di karenakan sekarang sudah lahirnya berbagai macam aplikasi yang medukung perpstakaan seperti di buatnya perpustakaan digital
A. Definisi
     perpustakaan digital merupakan koleksi data multimedia dalam skala besar yang terorgnisasikan dngan perangkat menejemen informasi dan metode yang mampu menampilkan data sebagai informasi dan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat dalam berbagai konteks organisasi dan sosial masyarakat. perpustakaan digital juga sebagai organisasi -organisasi yang menyediakan sumber-sumber informasi, termaksud staf dengan keahlian khusus.
     menurut romi satria wahono bahwa perpustakaan digital merupakn sebagai suatu perppustakaan yang menyimpan data baik itu buku, gambar,suaraa dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengn menggunakan protokol elektonik dan melalui jaringan komputer.
B. sejarah perpustakaan 
     Gagasan yang muncul pertama kali sebagai dasar konsep perpustakaan digital muncul pada bulan juli tahun 1945 oleh Vannevar Bush. pertengahan tahun 1960 -1988 perkembangan teknologi informasi dan jaringan  yang dapat mengelola dokumen menjadi lebih mudah dan efesien dengan menggunakan perangkat lunak pengolah data. Tahun 1990 berkembang teknologi internet yang mampu mengakses informasi dengan cepat, katalog mengalami metamorfosis menjadi katalog elektronik
      Tahun 1991 proyek TULIP kerjasama beberapa university di amerika dengan perusahaan Elseveir Science, meneliti tentang sistem pengumpulan dan penyimpanan data dan pada tahun 1995 masih dalam proyek TULIP  dan istilah perpustakaan digital pertama kali dikenal lewat proyek NSF/DARPA/NASA: digital libraries initiative pada tahun 1994. menurut grifin (1999) beberapa tahun terakhir ini terjadi peledakan pertumbuhan ketertarikan dalam perkembangan dan pemakaian perpustakaan digital. Beberapa  faktor penunjang adalah:
a. telah tersedianya teknologi komputasi dan komunikasi yang memungkinkan dilakukannya penciptaan pengumpulan dan manipulasi.
b. infrastruktur jaringan internasional untuk mendukung sambungan dan kemanpuan penoperasian
c. informasi online mulai berkembang.

      Digital Library berperan sebagai penyedia informasi, penyedia layanan informasi atau pengguna informasi dengan memanfaatkan jaringan dan teknologi digital. Selai itu Digital Library bukan hanya berkenaan dengan menejemen pengetahuan dan informasi tetapi menjelaskan bahwa perpstakaan sebagai salah satu sumber informasi mulai diharapkan untuk menjalankan peranan yang lebih sebagai pendamping dalam proses pendidikan seumur hidup.
C. Jenis - Jenis perpustakaan digital
      1. Full Text
          - pemprosesan dan manipulasi data lebih mudah
          -ukuran data lebih kecil
          -data terformat dalam bentuk SGML( Standar Generalied Markup Language)
     2. page image
        - sesuai untuk system browsing
        - tidak memerlukan font karena berupa file image 
        - tidak memerlukan biaya yang besar dalam pembuatan 
D. perbedaan perpustakaan digital dengan biasa
     jika perpustakaan digital merupakan perpustakaan yang bahan nya semua dalam bemasih mantuk elektonik dan sedangkan perpustakaan biasa mash manual dan di perpustakaan digital dia tidak memiliki web 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar